Sejarah Mesin Jahit

Tentunya pakaian – pakaian yang kita pakai dibuat oleh manusia dengan bantuan mesin jahit. Tapi apakah kalian tahu sejarah mesin jahit? Yuk kita bahas di artikel ini. Awal peradaban, manusia sudah mengenal jarum untuk melakukan aktivitas menjahit. Bahan jarum: batu/tembaga/tulang/gading. Jarum bahan besi pertama kali dibuat abad 14. Tahun 1755 imigran Jerman yang tinggal di Inggris, Charles Weinsenthal mematenkan jarumnya yang dirancang oleh sebuah mesin.

Seorang penjahit Austria, Josef Madersperger pernah berusaha membuat mesin untuk menjahit dan dipatenkan tahun 1814. Tapi mesin jahit buatannya juga dianggap gagal untuk melakukan fungsinya. Mesin jahit pertama kali dapat berfungsi dengan baik adalah mesin ciptaan penjahit Perancis, Barthelemy Thimonnier, tahun 1830.

Namun ternyata tidak mendapat sambutan dengan baik oleh masyarakat. Tanggal 2 Juni 1857, James Gibbs mendapatkan paten untuk mesin jahit dengan rangkaian benang tunggal yang pertama. Lalu pada tahun 1873, Helen Augusta mendapatkan hak paten untuk mesin jahit yang bisa membuat jahitan berpola zig zag yang pertama. Mesin jahit digunakan pada industri garmen. Bahkan sekarang mesin jahit sudah digunakan di rumah – rumah penduduk untuk membuat pakaian. Sejarah lengkap tentang mesin jahit ini bisa kamu baca di sini

12

Baca Juga ...
BLOOP ENDORSE EXPRESS!

Add a Comment